Konsumen memiliki tiga sumber
daya utama yang mereka gunakan dalam proses pertukaran dan melalui proses ini
pemasar memberikan barang dan jasa. Terdapat 3 (tiga) sumber daya konsumen di
antaranya sebagai berikut :
- Sumber Daya Ekonomi.
- Sumber Daya Temporal.
- Sumber Daya Kognitif.
Ini berarti bahwa pemasar
bersaing untuk mendapatkan uang, waktu, dan perhatian konsumen. Sumber daya
lain, seperti energi, mungkin diperlukan untuk berbelanja dan konsumsi, tetapi
uang, waktu, dan perhatian adalah yang utama. Bukan hanya jumlah waktu dan
sumber daya ekonomi yang menentukan perilaku konsumen. Persepsi konsumen
mengenai sumber daya yang tersedia, atau apa yang akan tersedia pada masa datang,
juga penting dalam keputusan pembelanjaan dan juga mempengaruhi ketersedian
untuk menggunakan uang atau waktu produk. Jadi, ukuran kepercayaan konsumen
mungkin berguna dalam meramalkan penjualan masa dating berdasarkan kategori
produk
PENGETAHUAN
Psikolog kognitif mengemumakan bahwa ada dua jenis pengetahuan dasar : deklaratif dan prosedural.
Pengatahuan deklaratif (declarative knowledge) melibatkan fakta subjektif yang sudah diketahui, sementara pengetahuan prosedural (procedural knowledge) mengacu pada pengertian bagaimana fakta ini dapat digunakan. Fakta ini bersifat subjektif dalam pengertian bahwa fakta tersebut tidak perlu sesuai dengan realitas objektif.
Psikolog kognitif mengemumakan bahwa ada dua jenis pengetahuan dasar : deklaratif dan prosedural.
Pengatahuan deklaratif (declarative knowledge) melibatkan fakta subjektif yang sudah diketahui, sementara pengetahuan prosedural (procedural knowledge) mengacu pada pengertian bagaimana fakta ini dapat digunakan. Fakta ini bersifat subjektif dalam pengertian bahwa fakta tersebut tidak perlu sesuai dengan realitas objektif.
Pengetahuan deklrataif dibagai
menjadi dua kategori : episodik dan semantik. Pengetahuan episodik (episodic
knowledge) melibatkan pengetahuan yang dibatasi dengan lintasan waktu.
Pengetahuan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan, “kapan anda terakhir kali
membeli sejumlah pakaian?” sebaliknya, pengetahuan sematik (semantic
knowledge) mengandung pengetahuan yang digeneralisasikan yang memberikan
arti bagi dunia seseorang. Ini adalah pengetahuan yang akan anda gunakan dalam
mendeskripsikan sebuah barang.
Pengetahuan konsumen di bagi
dalam tiga dibidang umum :
- Pengetahuan Produk (product knowledge)
- Pengetahuan Pembelian (purchase knowledge)
- Pengetahuan Pemakaian (usage knowledge)
PENGETAHUAN PRODUK
Pengetahuan produk mencakupi :
- Kesadaran akan kategori dan merek produk di dalam kategori produk.
- Terminologi produk.
- Atribut atau ciri produk.
- Kepercayaan tentang kategori produk secara umum dan mengenai merek spesifik.
Secara umum, pemasar paling
berminat atas pengetahuan konsumen mengenai merek mereka dan sajian yang
kompetitif. Informasi ini diperoleh melalui analisis kesadaran konsumen dan
citra dari merk yang tersedia.
- Analisis Kesadaran.
- Analisis Citra.
- Kesalahan Persepsi terhadap Produk.
- Penegtahuan Harga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar